Pentingnya pengetahuan mahasiswa/i terhadap sistematika dan aturan penyusunan laporan akhir terutama pada pembuatan sitasi dan daftar pustaka otomatis menggunkan aplikasi Mendeley. Dikarenakan masih banyak mahasiswa/i yang masih keliru dalam menyusun sitasi dan daftar pustaka pada laporan dan tugas akhir mahasiwa. Oleh karena itu, Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Djuanda bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATIP) untuk mengadakan pelatihan aplikasi Mendeley. Selain itu perlu adanya adaptasi mahasiswa/i terhadap peraturan dan penggunaan aplikasi terbaru guna mendukung kelancaran penyusunan laporan tugas akhir.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Mei 2023 secara daring dan luring mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 di Gedung B Fakultas Ilmu Pangan Halal UNIDA. Peserta kegiatan ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal dan masyarakat umum. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Aditia Ginantaka, S.TP, M.Si yang merupakan dosen sekaligus Ketua Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Djuanda. "Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa mengenai penggunaan software Mendeley agar mempermudah dalam penyusunan sitasi dan daftar pustaka di laporan dan tugas akhir mahasiswa", papar Aditia. 

Salah satu peserta kegiatan, Sintia menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk dihadiri oleh mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir, di mana pelatihan ini dapat memberikan ilmu dan informasi mengenai sistematika penyusunan laporan akhir terutama dalam pembuatan daftar pustaka dan sitasi menggunkan aplikasi Mendeley. Menurut Sintia, sebagian besar dari mahasiswa masih belum mendapatkan pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi dalam pembuatan sitasi, hingga saat penyusunan laporan akhir masih menggunakan cara yang manual dan kurang sesuai dengan panduan yang terdapat pada instansi terkait.  Beberapa mahasiswa lain turut menanggapai kegiatan ini, di antaranya Azi Permana dan Aulia Tri Nurahman. Azi menyatakan, "Kegiatan ini bagus dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir sehingga dapat dijadikan acuan terutama dalam hal daftar pustaka". "Peserta sangat antusias mengikuti jalannya acara karena untuk kebutuhan menyusun tugas akhir. Terlihat saat pelatihan peserta sangat aktif dan bertanya. Peserta yang mengikuti pelatihan ini tentunya dapat ilmu yang bermanfaat untuk menyusun tugas akhir dan skripsi", imbuh Aulia.