Dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal, Program Studi Teknologi Pangan, Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP, menjadi delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) untuk melakukan Kolaborasi Tridharma Internasional dengan Asean Academic Association pada program Visit Academic and Conference 2024 Batch II.

1. Laksanakan Visiting Lecturer di Universiti Geomatika Malaysia

Dalam kegiatan Visiting Lecture pada hari Rabu (3/7/2024), Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP memberikan presentasi mengenai “The Importance of Packaging Design for Food Products”. Presentasi ini disampaikan kepada mahasiswa Diploma Inculinary Arts Faculty of Culinology & Leisure Universiti Geomatika Malaysia.

Kegiatan ini berlangsung kondusif dan penuh antusiasme dari para peserta yang hadir. Program visiting lecturer ini memiliki nilai tambah tersendiri, baik berupa pengalaman akademik hingga transfer of knowledge yang akan memperkaya wawasan sebagai proses pengembangan diri dosen. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat akademis bagi kedua belah pihak serta memperkuat hubungan kerja sama nyata yang sudah terjalin.

2. Kunjungi Sekolah Menengah Kebangsaan Bukit Katil Malaysia, Laksanakan Pengabdian Masyarakat Internasional

Delegasi Universitas Djuanda (UNIDA) Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP yang tergabung dalam Asean Academic Association melanjutkan implementasi tridharma internasional dengan melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Bukit Katil, Melaka, Malaysia, pada Rabu (3/7/2024). Melalui program ini diharapkan dapat mendorong perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk dapat bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Malaysia. Kerja sama tersebut mencakup kegiatan berupa workshop ataupun sejenisnya yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Selain itu, diharapkan juga para peserta didik dapat melanjutkan pendidikan tingginya di perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

3. Konferensi Internasional

Jurusan Teknologi Pangan Universitas Djuanda mendapatkan pengalaman dengan mengirimkan salah satu dosen yaitu Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP untuk berpartisipasi dalam forum internasional pada Kamis (4/7/2024) untuk meningkatkan kapasitas dosen, terutama dalam mendapatkan pengakuan global. 

Konferensi Internasional mengusung tema "Transforming Nusantara Education", ASEAN Academic Forum 2024 menghadirkan berbagai topik strategis yang disampaikan oleh pembicara-pembicara terkemuka dari berbagai negara ASEAN. Presentasi pembicara dan diskusi mengarah pada pengoptimalan aspek-aspek potensial dalam memperkuat ikatan antara negara-negara ASEAN, terutama melalui pendidikan, pertukaran akademis, dan hubungan antara pendidikan dan kebutuhan industri. Para peserta dapat aktif selama konferensi internasional melalui sesi tanya jawab terbuka untuk semua peserta. ASEAN Academic Forum 2024 menjadi acara berpengaruh yang melibatkan akademisi dan industri untuk berkontribusi secara signifikan terhadap isu-isu global. 

4. Lakukan Lawatan ke Universiti Teknologi MARA UiTM Cawangan Melaka, Jajaki Peluang Kolaborasi Internasional

Dalam rangka menjalin kolaborasi untuk menjajaki kerja sama internasional, Delegasi Program Studi Teknologi Pangan FIPHAL UNIDA Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP melakukan lawatan akademik dan kunjungan hormat ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Melaka Kampus Alor Gajah, Malaysia, pada Jum’at (5/07/2024). 

Kerja sama yang dapat dijalin seperti meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan pengalaman Sumber Daya Manusia (SDM) kedua belah pihak, meningkatkan dan mengimplementasikan program pelatihan dengan tujuan untuk pengembangan karir, melakukan joint reseach yang ditindaklanjuti dengan dengan joint publication.

5. Pengabdian Masyarakat Internasional di Kampung Bharu Malaysia, Adakan FGD Bahas Isu Pengelolaan Tanah dalam Aspek Kebijakan dan Pemanfaatan Sosial

Dosen Program Studi Teknologi Pangan FIPHAL UNIDA Ibu Wilna Iznilillah, S.TP., M.TP kunjungi Pertubuhan Profesi Tanah Malaysia (PRATAMA), pada Jum’at, (5/07/2024) di Kampung Bharu Kuala Lumpur. Agenda kunjungan ini yakni dalam rangka pengabdian kepada masyarakat melalui Focus Group Discussion perihal isu-isu pengelolaan tanah dalam aspek kebijakan dan pemanfaatan sosial.