Pada hari Rabu, 12 Juni 2024 Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal, Assoc. Prof. Dr. Ir. Helmi Haris, M.S melaksanakan kunjungan ke University Sain Malaysia yang berada di Pulau Pinang Malaysia. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka menghadiri kegiatan Collaborative Research antara Pusat kajian Pengurusan Pembangunan Islam (ISDEV) University Sain Malaysia dengan Asean Academic Association.

Terdapat 2 sesi pada kegiatan tersebut, sesi pertama yaitu seminar. Seminar tersebut diisi oleh 5 pemateri, diantaranya:

1. Dr. Achmad Habibi dari UIN Raden Intan Lampung, dengan judul Halal Sertificate Syariah
2. I Nyoman Budiono dari UIN Pare-pare, dengan judul :Strategi Akselerasi Pertumbuhan Industri HalaL Melalui Peran Aktif Perbankan Syariah
3. Assoc Prof Rita Rahmawati, M.Si dari Universitas Djuanda, dengan judul Penerapan kebijakan Pendidikan Inklusif di Kota Bogor
4. Suherman, Universitas Palangkaraya, dengan judul : Blue Sukuk
5. Prof. DR. Shahir Arqam Hasan, Direktur ISDEV, dengan judul Trend Pendidikan dalam Pengurusan Pembangunan Islam

Setelah sesi pertama selesai dilanjutkan dengan diskusi Collaborative Research. Berdasarkan hasil diskusi Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal dengan Tim ISDEV University Sains Malaysia, memang ISDEV lebih banyak tentang Manajemen Pengembangan Pembangunan Islam, tapi ada satu bidang yg beririsan dengan Fakultas Ilmu Pangan Halal, yaitu   bidang: Services and Issues of Halal Products.

Fakultas Ilmu Pangan Halal mempunyai 2 Program Studi, yaitu Program Studi Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi Teknologi Pangan. Selain itu Fakultas Ilmu Pangan Halal memiliki 8 orang dosen yang sekaligus Auditor Halal Nasional dan Internasional serta mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal mempunyai kompetensi dibidang pendampingan pengurusan Sertifikat Produk Halal.  Disamping itu Universitas Djuanda mempunyai Pusat Studi Halal Science Center (HSC) yg menangani tentang pengurusan Sertifikat dan pengujian Produk Halal, yang juga dilengkapi Laboratorium Produk Halal untuk pengujian Rapid Test Produk halal. Berdasarkan hasil diskusi dengan Tim ISDEV University Sains Malaysia pada prinsipnya Fakultas Ilmu Pangan Halal siap berkolaborasi dgn ISDEV bidang Tridharma PT (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), khususnya tentang Halal Food Product and Sertificate Halal Product.