Pada hari Senin, 10 Juni 2024 telah dilaksanakan Pengabdian Masyarakat Internasional oleh Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal, Assoc. Prof. Dr. Ir. Helmi Haris, M.S yang dilaksanakan di Pertubuhan Peladang Kawasan Seri Pulau, Pulau Pinang Malaysia. Pertubuhan Peladang Kawasan Seri Pulau merupakan suatu lembaga yang bertugas untuk mendorong, mengintensifkan dan mengupayakan kemajuan ekonomi dan sosial organisasi petani yang berada di Daerah Pulau Pinang Malaysia[1].

Kegiatan pengabdian internasional ini dilakukan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang dibuka oleh Prof. Emeratus Dt Sri Idris Bin Saleh selaku Pembina kegiatan PPK Wilayah Seri Pulau, Balik Pulau Pulau Penang Malaysia. Peserta pada kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang diantaranya yaitu petani, nelayan, pedagang, pengusaha serta pelancongan.

Dalam kegiatan pengabdian internasional ini Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal, Assoc. Prof. Dr. Ir. Helmi Haris, M.S menyampaikan materi dengan judul “Essential Oils Based Halal Educational Tourism”. Terdapat beberapa poin yang menjadi fokus materi tersebut, diantaranya yaitu: Potensi Minyak atsiri untuk meningkatkan daya tarik wisatawan; Macam-macam tumbuhan yang dapat diolah menjadi minyak atsiri serta cara pengolahan tumbuhan sampai menjadi minyak atsiri.

Berdasarkan hasil pemaparan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pangan Halal, Assoc. Prof. Dr. Ir. Helmi Haris, M.S, pengurus Pertubuhan Peladang Kawasan (PPK) Seri Pulau tertarik untuk melakukan kerja sama terkait pengolahan minyak atsiri terutama minyak atsiri yang berasal dari tanaman pala. Melalui kegiatan pengabdian internasional ini diharapkan dapat menjadi awal kerjasama antara Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda dengan Pertubuhan Peladang Kawasan Seri Pulau, Pulau Pinang Malaysia.

 

1. https://www.lpp.gov.my/article/view/fungsi-lpp