Sejarah Fakultas Ilmu pangan halal

Secara historis Fakultas Ilmu Pangan Halal-Universitas Djuanda (FIPHAL-UNIDA) adalah merupakan pengembangan dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FATEP) yang berdiri sejak tahun 1987 berdasarkan SK Yayasan YPSPI Nomor 083/YPSPI/III/87 dimana pada tahun 2010 mengalami perubahan karena adanya kebijakan pemerintah, khususnya dalam dunia pendidikan yang lebih berorientasi pada Sistem Pendidikan yang berorientasi pada bidang Teknologi informasi, sehingga kebijakan tersebut berpengaruh terhadap perolehan jumlah mahasiswa di PTN maupun di PTS saat itu. Untuk tetap eksis pimpinan Universitas mengambil langkah kebijakan dengan cara melakukan Merger 2 Fakultas yaitu Fakultas Pertanian (PATAN) dengan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FATEP) dengan nama baru yaitu Fakultas Agroindustri dan Teknologi Pangan dan Gizi (FATEN) dengan harapan perolehan jumlah mahasiswa pada saat itu akan tetap dapat dipertahankan. Seiring perkembangan dunia pendidikan yang begitu pesat, maka dalam perjalanannya FATEN mengalami perubahan nama kembali menjadi 2 Fakultas dengan nama baru yaitu Fakultas Pertanian (FAPERTA) dan Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) berdasarkan SK Rektor Nomor. 056/2012 tertanggal 30 Oktober 2012.

Fakultas Ilmu Pangan Halal-Universitas Djuanda (FIPHAL-UNIDA) adalah salah satu penyelenggara kegiatan di Universitas Djuanda, khususnya dalam bidang Ilmu Teknologi Industri Pertanian dan Teknologi Pengolahan Secara Halal Bahan pangan. FIPHAL adalah merupakan salah satu Fakultas yang berhasil dalam melakukan pengembangan kelembagaan di Universitas Djuanda Bogor. Hal tersebut dapat dilihat dari bertambahnya jumlah mahasiswa yang tercatat dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir yang menunjukan angka signifikan.

Untuk memberikan kesempatan kepada pengusaha muda atau karyawan yang berkemauan menambah pengetahuannya, sejak tahun akademik 2011/2012 dibuka kelas sore untuk jurusan Teknologi Industri Pertaian (TIP) dan Teknologi Pangan dan Gizi (TPG). Waktu kuliah kelas sore dimulai dari pukul 16.00-21.00 WIB, kecuali Sabtu mulai pukul 13.00-17.45 WIB.